Sabtu, 26 Februari 2011

Tugas Pendidikan Kewarganegaraan


Tugas Softskill 1

Kewarganegaraan
·         Kompetensi apa yang diharapkan dengan adanya pendidikan kewargaanegaraan?
Jawab :
Kompetensi diartikan sebagai perangkat tindakan cerdas, penuh rasa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh seseorang agar ia mampu melaksanakan tugas–tugas dalam bidang pekerjaan tertentu.
Kompetensi lulusan Pendidikan Kewarganegaraan adalah seperangkat tindakan cerdas penuh tanggung jawab dari seorang warga negara dalam berhubungan dengan negara, dan memecahkan berbagai masalah hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan menerapkan konsepsi falsafah bangsa, wawasan nusantara dan ketahanan nasional.

·         Pendidikan kewarganegaraan akan menghasilkan sikap mental yang cerdas serta penuh rasa tanggung jawab. Sikap tersebut di atas akan disertai prilaku positif; sebutkan sikap-sikap tersebut?
Jawab :
Pendidikan kewarganegaraan yang berhasil akan membuahkan sikap mental yang cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik. Sikap-sikap tersebut adalah :
a.       Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghayati nilai–nilai falsafah bangsa
b.      Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
c.       Rasional, dinamis, dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
d.      Bersifat profesional yang dijiwai oleh kesadaran bela negara.
e.       Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan negara.




Bangsa dan Negara
·         Jelaskan pengertian Bangsa dan Negara?
Jawab :
-Bangsa adalah orang–orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarah serta berpemerintahan sendiri.
-Negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang sama–sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengetahui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut. Atau bisa diartikan sebagai satu perserikatan yang melaksanakan satu pemerintahan melalui hukum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan untuk memaksa bagi ketertiban sosial.

·         Jelaskan mengenai teori terbentuknya Negara?
Jawab :
-Teori terbentuknya negara
a. Teori Hukum Alam (Plato dan Aristoteles). Kondisi Alam => Berkembang Manusia => Tumbuh Negara.
b. Teori Ketuhanan Segala sesuatu adalah ciptaan Tuhan, termasuk adanya negara.
c. Teori Perjanjian (Thomas Hobbes) Manusia menghadapi kondisi alam dan timbullah kekerasan, manusia akan musnah bila ia tidak mengubah cara–caranya. Manusia pun bersatu (membentuk negara) untuk mengatasi tantangan dan menggunakan persatuan dalam gerak tunggal untuk kebutuhan bersama.

-Di dalam prakteknya, terbentuknya negara dapat pula disebabkan karena :
a. Penaklukan.
b. Peleburan.
c. Pemisahan diri
d. Pendudukan atas negara/wilayah yang belum ada pemerintahannya.


·         Sebutkan serta jelaskan unsur-unsur Negara?
Jawab :
a.       Konstitutif : Negara meliputi wilayah udara, darat, dan perairan (unsur tidak mutlak), rakyat atau masyarakat dan pemerintahan yang berdaulat.
b.      Deklaratif : Negara mempunyai tujuan, undang-undang dasar, dan pengakuan dari Negara lain baik secara de jure dan de facto yang ikut dalam PBB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar